BUILDING PREFAB

Standarisasi, sistemasi, kejujuran material dan inovasi teknik menjadi konsep utama dalam pergerakan masa modern. Pergerakan sosial diarahkan menuju keseragaman oleh pemikiran industri. Dalam masa kejayaan modern, dunia arsitektur turut sedikit berbahagia oleh hadirnya prefabrication architecture, atau yang biasa disebut metode prefab.

Secara etimologi bangunan prefab adalah pembangunan secara off-site, baik hanya bagian-bagian bangunan, maupun keseluruhan. Metode prefabrication ini menjadi sumber optimisme modernist di dunia pembangunan. Beberapa manfaat seperti sustainabilitas, efisiensi, ekonomis, dan ringkas, membuat metode ini diminati berbagai kalangan.

Namun, bagaimanapun sebuah inovasi tentu akan menghadirkan berbagai pertanyaan pula. Misalnya, kekuatan struktur prefab dibandingkan dengan metode tradisional. Serta proses yang berlangsung semenjak produsen mendesain komponen bangunan off-site, sesuai kebutuhan bangunan, proses pengantaran produk, hingga teknis pemasangan.

Salah satu kasusnya adalah kehancuran sebuah parking lot di Miami, Florida. Bangunan ini disokong dengan balok-balok prefab. Logika struktur mengarahkan interkoneksi yang sempurna mulai dari, balok, kolom, hingga plat lantai. Maka ketika terdapat area plat yang tidak kokoh, menghadirkan efek domino pada bangunan hingga hancur, melebur dengan tanah.

Selain mengenai struktur, mari memperhatikan beberapa hal yang tampak hilang di bangunan prefab. Ketika mengarahkan desain komponen bangunan off-site, arsitek akan cenderung mendesain bangunan tanpa integrasi dengan lahan. Sehingga keunikan lahan akan nampak tipikal bila disandingkan dengan bangunan prefab.

Hingga kemudikan saat era modern mulai hanyut oleh keruntuhan salah satu bangunan prefab, Pruitt-Igoe, hadir pula tanggapan bahwa prefab adalah arus optimisme yang membawa rentetan kekecewaan pula. Kini, pada prakteknya, prefab telah berkembang dari hanya sistem pembangunan, namun telah menjadi sebuah style hunian pasca modern.

Memiliki ciri khas terdiri dari modul atau panel, prefab housing, terdiri dari satu atau dua lantai bangunan yang umumnya modular. Masih memiliki prinsip sistemasi yang teratur, dan kejujuran material, prefab housing masih pantas untuk hadir tanpa aura masa lalu. Namun memang perhatian kita akan ditekankan pada hal baru lagi. Prefab bukan hanya tentang efisiensi kerja, namun efisiensi resiko.

Section Image

1. Eric Bigot’s

2. Marmol Radziner

3. R-House

4. Rocio Romero LV

5. The Blue Sky Prototype

Ingin Segera Mendapatkan Solusi Partner Anda?

PESAN SEKARANG